Tentang Sekolah

SAMBUTAN

SMA Negeri 12 Makassar, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 12 Makassar ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.
5 (1)

PROFIL SEKOLAH


SMA Negeri 12 Makassar sebagai slah satu Lembaga Pendahuluan tingkat menengah atas di Kota Makassar yang beroprasi sejak Tahun 1988 berdasarkan SK. No 12/0/1988 tanggal 8 Februari 1988, telah mengalami banyak perkembangan baik perkembangan fisik bangunan, prestasi dari segi akademik maupun prestasi dalam kegiatan ekstra kurikuler. Perkembangan tersebut diperoleh berkat kerja keras kepala Sekolah beserta seluruh jajarannya , dukungan dari orang tua siswa yang tergabung dalam Komite Sekolah, dukungan dari Masyarakat disekitar Sekolah, bimbingan dari instansi yang terkait seperti pemerintah Kota Makassar terutama dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar bersama segenap jajarannya. Dilihat dari segi geografis SMA Negeri 12 Makassar yang terletak dipinggiran Kota, namun dari segi Prestasi siswa SMA Negeri Makassar berhasil menempatkan diri sejajar dengan beberapa SMA yang ada di Kota Makassar, bahkan sampai ditingkat Propinsi Sulawesi Selatan. Hal ini menjadikan SMA Negeri 12 mendapat perhatian dari sorotan dari Masyarakat SMA Negeri 12 Makassar menjadi salah satu pilihan dan sasaran utama bagi orang tua siswa dan penerimaan siswa baru.

VISI DAN MISI

VISI

"MENGHASILKAN LULUSAN YANG;BERPRESTASI, BERTAQWA, DAN BERBUDAYA DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN”

SMA Negeri 12 Makassar sebagai lembaga pendidikan memikul tanggung jawab mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan keahlian, Pendidikan harus dapat mempersiapkan peserta didik untuk dapat hidup serasi dengan masyarakat tempat hidupnya. Hal yang penting adalah membekali peserta didik untuk dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Olehnya itu visi SMA Negeri 12 Makassar menekankan pada menghasilkan lulusan yang memiliki empat komponen yaitu Berprestasi, Bertaqwa, berbudaya dan berwawasan Lingkungan

MISI

  • Terlaksananya pengalaman ajaran agama dan budaya dalam aktivitas keseharian.
  • Terwujudnya optimalisasi pemberdayaan tenaga pendidik dan kependidikan berdasarkan standar nasional pendidikan dan tenaga kependidikan.
  • Terwujudnya nilai – nilai kedisi[linan , ketertiban, kebersihan, daya saing dan kerja keras.
  • Terwujudnya inovasi pengembangan profesionalisme secara berkelanjutan.
  • Terwujudnya optimalisasi pemberdayaan seluruh komponen sekolah dalam upaya pemngembangan potensi peserta didik secara maksimal.
  • Terwujudnya kesadaran peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup.
  • Terwujudnya pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.
  • Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar untuk mengoptimalkan potensi siswa dalam pembentukan kepribadian yang bermoral agama, penguasaan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup.
  • Memberdayakan peran serta masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan yang efektif dan efisien berdasarkan prinsip MPMBS.
TUJUAN SEKOLAH
  • Mengembangkan potensi siswa sesuai kemampuan akademik, bakat dan minat..
  • Mengembangkan kepribadian siswa yang bermoral agama, berakhlak mulia, dan sehat jasmani.
  • Mewujudkan PBM yang efektif yang berorientasi pada pencapaian standar kompetensi.
  • Meningkatkan profesionalisme guru dalam pengembangan kegiatan belajar mengajar.
  • Meningkatkan kinerja setiap personil sekolah agar dapat bekerja sama dan saling mendukung sebagai satu sistem untuk mencapai tujuan sekolah.
  • Meningkatkan kemitraan sekolah dengan orang tua siswa, dunia usaha, dan pemerintah.
  • Mengembangkan sarana dasar dan sarana penunjang pendidikan untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar.
  • Meningkatkan peran serta aktif masyarakat sekitar sekolah agar ikut bertang gung jawab atas penyelenggaran pendidikan di sekolah.

SASARAN SEKOLAH

  • Tersedianya media penyaluran kemampuan dibidang akademik.
  • Tersedianya media penyaluran bakat dan minat pada kegiatan ekstrakurikuler.
  • Tersedianya bahan bacaan di perpustakaan.
  • Tersedianya lembaga pembinaan kegiatan keagamaan.
  • Tersedianya bahan ajar yang telah divalidasi untuk semua materi ajar dari kelas X s.d XII.
  • Tersedianya bahan bacaan di perpustakaan.
  • Tersedianya tenaga pengajar yang profesional.
  • Meningkatnya etos kerja guru dan pegawai.
  • Terjalinnya kerjasama yang baik diantara personil sekolah.
  • Terjalinnya kerjasama yang harmonis dengan orang tua siswa untuk bersama-sama bertangungjawab terhadap peningkatan mutu pendidikan.
  • Terwujudnya kerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation dan Fullbright dalam pengembangan Sumber Daya Manusia.
  • Terdapatnya bantuan dan kebijakan dari pihak pemerintah berupa tenaga kependidikan dan sarana dasar pendidikan.
  • Tersedianya sarana dasar dan sarana penunjang pendidikan yang memadai
  • Terdapatnya kepedulian masyarakat sekitar sekolah untuk ikut bertang gungjawab atas penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
  • Tersedianya sarana dasar dan sarana penunjang pendidikan yang memadai
  • Terdapatnya kepedulian masyarakat sekitar sekolah untuk ikut bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

PENUTUP

Demikianlah Profil Sekolah SMA Negeri 12 Makassar, kami buat dengan harapan Semoga pembaca mendapat informasi yang memuaskan. Kami yakin bahwa fakta dan data yang kami buat masih jauh dari kesempurnaan untuk itu kepada segenap pembaca kami sangat mengharapkan bantuan dan informasi untuk melengkapi Profile SMA Negeri 12 Makassar pada penerbita berikutnya.

Atas Perhatian dan bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih.